LeNK PeRSoNaL BLoG

… bukan sekedar blog …

Menghilangkan Pesan Windows Genuine Advantage (WGA)

Posted by LeNK pada 29 Agustus, 2007

Suatu kali, pernah laptop bos saya dan komputer warnet rekan saya muncul peringatan tentang validasi keaslian Windows yang mereka gunakan. Fitur itu adalah Windows Genuine Advantage, yang bisa disingkat WGA. Setelah akhirnya dibantu oleh paman Google, saya ingin membagikan sedikit trik yang saya gunakan kepada rekan saya dan juga bos saya untuk menghilangkan peringatan WGA yang biasanya muncul di pojok kanan bawah pada system tray Windows.

Langkah2nya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Task Manager dengan Ctrl+Alt+Del
  2. Matikan proses yang bernama “wgatray.exe”
  3. Restart/reboot komputer dan masuklah ke dalam safe mode
  4. Pada safe mode, buka registry editor ato regedit melalui menu Run. Ketik regedit kemudian enter
  5. Pada regedit, carilah HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\microsoft\windowsNT\CurrentVersion\Winlogon\Notify, kemudian hapus folder/directory “WGALOGON”
  6. Restart kembali komputer seperti biasa…

Sekian penjelasan dari saya…

70 Tanggapan to “Menghilangkan Pesan Windows Genuine Advantage (WGA)”

  1. jok3rsmd said

    bagus juga mas/mba toturialnya,aku dapat ilmu lagi.semoga tambah sukses aja mas/mba

    Reply from LeNK:
    saya laki-laki.. jadi panggil aja mas.. makasi juga udah baca ya..

  2. koyex said

    kok gak ada wgatray.exe y?

    Reply from LeNK :
    kalo ga ada, langsung aja ke langkah selanjutnya..

  3. xizr82 said

    makasie !! sangat membantu neh

  4. Eddy said

    wgaTray.exe kalau di matikan selalu hidup lagi gimana dunk????????

    Reply from LeNK :
    perlu program tambahan seperti CProsses untuk mematikannya ;)

  5. rudi said

    mas klo WGA dah ilang windows bisa di update g

    kirim ke email saya aja yach!!!!!!!!!!!!

  6. ibonk said

    mas itu pertanya rudi gmn??

    klo WGA dah ilang windowsnya bs di update nda??

    Reply from LeNK :
    jangan di update. nanti kena lagi ;)

  7. mrs. x said

    mas gimana caranya ngilangin perintah install updated windows
    yang ada di tray icon

    Reply from LeNK :
    Klik start abis itu run. ketik msconfig
    pada tab service, hilangkan centang automatic update. trus restart ;)

  8. mrs. x said

    makasih mas skrg udah bisa
    baru 2 malam saya nongkrong di blog ini
    banyak sekali ilmu yang bermnafaat saya dapatkan
    keep posting ya, di updated terus dong blognya
    terutama tentang tips & tricknya

    oh iya mas, gak tau kenapa kmrn kompi saya di otak-atik adik saya
    ehh pas mau logon windows minta password adminstrator
    tinggal enter aja bisa masuk ke windows (sebenarnya gak ada password)
    pertanyaannya gimana cara ngilanginnya ya

    Reply from LeNK :
    sebenernya kalo ga salah itu bisa diset di user account pada control panel ;)

    thx very much!!!

  9. dicky said

    Maaf ney, saya baru kunjungi blog ini, hmm WGA ya…
    Tutorial yang berguna untuk pengguna Windows..

    Windows gak usah di update? Banyak Patchnya dunk… :D Bisa kok di update… asalkan nanti setelah di update-an pilih yang Custom buka yang Express… Pada pilihan Windows Genuine Advantage, hilangkan tanda checklist…

    Semoga berguna

  10. Didiek said

    Bagi teman-teman yang belum bisa validasi Windows ataupun Office 2003 ataupun 2007 , boleh email saya ke suriadi.didiek at yahoo co id …..
    tp kl ada teman-teman yang bisa crack Windows original agar bisa di install berkali-kali di komputer lain atau komp yang sama, boleh dunk bagi ilmunya. krn proses aktivasi windows asli gak bisa di komp lain… thx yaaa

  11. Dedi said

    duw puyenk

  12. Ade said

    mau tanya.. kok setiap WGA nya dimatikan di ctrl+alt+del kok trz nongol lagi dan lagi yah..
    itu masalah ga ya kalo direstart lsg ke safemode lalu ikutin cara nya spt yg diatas..

    Ty

  13. paijo said

    Matur sembah nuwun….
    ” Semoga sukses menyertai kita semua”

  14. paijo said

    Matur nuwun……..

    ” Semoga sukses tuk kita semua “

  15. Agus said

    Mas, kalau saya lupa password administrator pas kita pertama kali masuk windows gimana cara meresetnya mas?
    Udah pake beberapa cara yang dibeberkan di google tapi ga ada yang berhasil, thanks

  16. betox said

    Googling aja yg namanya “Remove WGA”, download trus jalanin,
    Beres deh….

  17. hoaamm…itu mah cuma diilangin aja notificationya….
    jadiin asli donk….

    untung gw udah asli….gampangg kok caranya….
    bisa di pake di semua xp,, klo punya warnet juga bisa digunain…

  18. owiyaa….klo udah asli bisa download dari mikocok,,jadi aman,,,
    hahahha…
    hidup bajakan!! ^^v

  19. owiya….@ ibonk…. bisa di update klo udah asli!!!

  20. robert_disini said

    makasih ya massss :)

  21. Huda said

    mas sory pada waktu restart masuk ke safemodenya gmana karena ga ada tanda2 or perintah2 pilihan masuk ke safemode trims sukses mas

  22. Huda said

    mas…………… thanks banget sudah ketemu jawabnya clear sudah tuh allert, thanks mas

  23. [...] Menghilangkan Pesan Windows Genuine Advantage (WGA) [...]

  24. Affandi said

    mas mkasih bgt ya ^_^ mas nnya dunk di komputer saya saat masuk ke safe mode accountnya minta password padahal aslinya ga di pasang password, itu gmn cara bnerinnya ? jdinya saya ga bisa msuk ke safe mode :( oh ya kira2 itu knapa ya ? thx b4 ya ^^

    Reply from LeNK :
    itu berarti account administrator anda ada passwordnya. sewaktu menginstall windows, anda memasukkan password untuk administratornya. coba minta bantuan google deh
    ;)

  25. abeng said

    Kalau saya pake program “wga remover”, donlod dibanyak situs, jalankan softwarenya dan jangan lupa matikan automatic update dari windowsnya.

  26. Dody said

    Yang di atas untuk masuk registri kenapa harus masuk safe mode…?

    Reply from LeNK :
    masuk ke modus safe mode hanya untuk mengamankan langkah-langkah saja. ga masuk ke safe mode juga ga papa kok

  27. nuts said

    thanks, gracias, merci, danko, sukron, kamsia, maturnuwun,

  28. agent_adank said

    hatur nuhun pisan atas ilmunya…
    semoga ilmu yg anda berikan akan membawa berkah bagi anda.

    amiiin….

  29. admaja said

    di coba dulu ya mas..
    tapi apa gak berbahaya bg softwarenya???

  30. BM said

    mas saya sudah ngetes menghilangkan perintah install update windows dengan msconfig dan menghilangkan tanda centang pada automatic update. tapi kenapa perintah itu masih keluar ya mas???

    tolong solusinya.

    thanx

  31. ca darjo said

    waa bener nih. aku udah buktiin kok!

  32. khalid said

    terimakasih pak, cara ini paling mudah dibanding cara-cara yang lain.

  33. imbang said

    mas maw tanya.. kata guru TIK saya tu klo komp. dah terinstal WGA tu katanya komp. yang terinstal akan dirusak oleh Microsoft pusat.. tpi klo pesannya sudah saya hilangkan dgn menggunakan caranya MAs tu komp. saya sudah terselamatkan blm Mas.. mhn penjelasannya MAs..

    terima kasih

  34. chris said

    thanks banget bung, saya terbantu setelah mampir di blognya, sekali lagi thanks, sukses selalu buat anda

  35. jokoblitar said

    Weh, sampeyan jan pintar mas, aku wis iso saiki, sebelumnya selalu saya instal ulang. butuh waktu.

    Thanks yo

  36. di blog Saya ada cara yang lebih mudah lagi Mas khalid

  37. Sarah An said

    Thankzz bngd :) ..

    Very useful .
    :)

  38. Wah, infonya mantep mas ..
    Top search lagi ..

  39. zivho said

    ada lagi cara yang lebih ampuh dan mudah, download aja software Remove WGA,Bisa didownload di http://www.bashbosh.com
    semoga berguna

  40. xc said

    “wgatray.exe” (di C:/ juga ga da) dan folder/directory “WGALOGON” yang da di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\microsoft\windowsNT\CurrentVersion\Winlogon\Notify,

    Dikompi aq ga da ya? Padahal aq juga kena tuh WGA, ada alternatif lain ga? Kalau bisa balas ke emailQ aja yah..
    thank you…

  41. wongbulu said

    Harusnya yach di asliin bukan cuma di ilangin. kayaknya banyak jalan menuju roma di google.

  42. p4ladin said

    bener nya ada program untuk mematikan ..hmm.. tapi ak lupa namanya.. nanti aja kalau ak ingat , ak post comment lagi..ahahahhaha

  43. Joy said

    mas makasih banget dah ngebantu benerin laptop saya
    ….. hatur nuhun ,.. semoga sukses selalu bro,
    and amalnya di bales ma ALLAH SWT, thanks

  44. suneo said

    mas.. mau nanya aja.. PC sy udah agak lama muncul message WGA itu, saking lamanya sampe suatu saat ngga bisa di CTRL+ALT+DEL lagi. Gimana caranya untuk mengaktifkan CTRL+ALT+DEL itu lagi ya? thanks before

  45. Susanto (Susan dan Anto) said

    lho kok beda ya dengan caranya saya ???

    kalau saya nih mas, pake software “super sederhana” bernama Jellybean, terus tinggal ganti saja no. serinya, tapi no. seri itu juga nayari di google. tapi prosesnya cepat kok, ngak nyampe 30 detik selesai…(tergantung kecepatan ngetik sih) kalau sudah genuine, nanti semua automatic updates harus dimatikan.

    tapi ada pantangannya :

    ketika lagi boot komputer, koneksi internet harus selalu mati. jadi kayaknya ngak cocok buat warnet.

  46. sofyan said

    laptop saya kena WGa juga..jadi tampilan background nya itam aja….apa itu virus/ softwarenya bajakan siiii……satu lagi…laptop saya di blok gtu ga bs buka software offce dll..knp ya blh ksh jawaban

  47. gg said

    terima kasih

  48. rizzi said

    hmmm,….. bisa di jelasin yg lebih mudah gaa,soalnya gw ga ngerti

  49. Ballax said

    Thx, tapi sy mo coba dulu neeh… mudahan berhasil di komputer ane! Sehat slalu buat Mas.

  50. raja said

    thaks

  51. Terima kasih infonya ya, dari tulisan ini windows saya sudah tidak ada pesan genuine lagi.

  52. izar said

    Wah, cara yg sederhana sx pak, tapi ga bisa di update lagi deh.. da tutorial buat windows bajakan jadi asli ga he… ^_^,

  53. mamat said

    Sangat membantu…
    thanks alot..

  54. dimas said

    knpa pas sudah di delete folder wgalogon nya malah dimintai pasword??? t0long bantuannya….

  55. mone said

    erimakasih mas, cara ini paling mudah dibanding cara-cara yang lain. hidup bajakan, coba kalo originalnya Rp. 300ribu pasti gw pake… wkwkwkwk…

  56. budijoi said

    http://moch60-xperience.blogspot.com/p/tips-tricks.html

    cekcekcekidoooot!!!
    bisa buat semua versi windows

    XP :: Vista :: Windows 7 (seven)

  57. wondo said

    matur suwun, triknya amat bermanfaat

  58. Suryadi H' said

    thanks sob….

    it’s good.

  59. doool said

    thanz banget kang … !

  60. wahyu said

    saya punya mslh dgn WGA,bgaimana caranya agar WGA gk gnggu instalan yg lain.sprti Instal antivirus,al’a tiap x instal g pernah smpe slsai

  61. endang said

    mz,sayakan mau hapus “wgatray.exe” ko gak bisa2 ya,selalu muncul lagi setiap dihapus….terima kasih

  62. yoe soef said

    betul…betul…betul….sy asdh buktikan…thanks for you

  63. SHEVIN said

    weleh ini yang gue cari, wkakakakakak. lau tuk windows7 cara ceknya pa sama

  64. safran said

    mas di task manager gak ada tu yg namanya wgatray
    and aq dah pake autorun tapi ga da juga tu file yg namanya wgalogon…….!!!!

  65. abee said

    mas kalo ciri2 registry yg terinfeksi virus ntu gmna….

  66. trims infonya bli…

  67. DAYANT said

    Trim’s banyak atas ilmunya..

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

